Apa Itu Kista, Mioma, dan Endometriosis

Nyeri hebat setiap kali haid? Hati-hati, bisa jadi itu gejala endometriosis. Tapi bisa jadi gejala kista atau mioma uteri juga. Apa, sih, bedanya? 

Endometriosis adalah suatu keadaan dimana endometrium berada di luar tempat yang seharusnya, yaitu di dalam rongga rahim. "Endometrium sendiri merupakan lapisan yang melapisi rongga rahim dan dikeluarkan secara siklik saat mens sebagai darah haid," kata dr. Sugi Suhandi Iskandar, Sp.OG dari RS Mitra Keluarga Kelapa Gading, Jakarta.

Sementara kista indung telur adalah suatu massa berisi cairan, bisa kental seperti gel (mukus), bisa juga cair (serous). "Kista ini diproduksi oleh kelenjar-kelenjar yang ada di ovarium, yang tak bisa dikeluarkan. Akhirnya tertampung, dan makin lama makin besar," tambah Sugi.

Lain lagi dengan mioma uteri. "Mioma uteri adalah tumor jinak dari miometrium (otot rahim). Berdasarkan letaknya, mioma uteri bisa dibagi menjadi 3, yakni mioma intramural (di dalam otot rahim), subserosa (dibawah lapisan serous, menonjol ke arah rongga perut),
serta juga submukosa (menonjol ke arah rongga rahim)."

Mengenal Kista, Mioma, dan Endometriosis RANGSANGAN ESTROGEN 
Penyebab ketiga gangguan di atas sampai saat ini masih belum diketahui secara pasti dan masih terus diteliti. "Sekarang, semua penyakit memang diarahkan ke faktor genetik sebagai penyebab. Kanker payudara misalnya, sudah diketahui gen-nya. Kalau si ibu kena kanker payudara, anaknya harus siap-siap. Tapi mioma, kista, dan endometriosis ini belum,"
terang Sugi.

Sebagian ahli berpendapat, mioma uteri terjadi karena adanya perangsangan hormon estrogen terhadap sel-sel yang ada di otot rahim. "Jadi, mioma uteri ini akibat pengaruh estrogen. Makanya, sangat jarang ditemukan pada anak-anak usia pubertas, bahkan nyaris tidak pernah. Anak usia ini, kan, belum ada rangsangan estrogennya. Sementara pada wanita menopause, mioma biasanya mengecil, karena estrogen sudah berkurang."

Penyebab kista dan endometriosis pun belum diketahui persis, "Belum ketahuan, misalnya apakah kista disebabkan oleh kelenjar yang tersumbat sehingga membesar," kata Sugi.
Sementara salah satu penyebab endometriosis diduga adalah adanya muntahan sel-sel endometriosis keluar rongga rahim saat haid. "Nah, sel-sel edometriosis ini kemudian menempel di luar rongga rahim. Ada juga yang menyebut endometriosis mengikuti aliran darah atau ikut aliran kelenjar limfa, sehingga bisa saja terjadi endometriosis di paru, mata, dan sebagainya. Ada lagi yang mengatakan endometriosis disebabkan oleh pencemaran lingkungan dan pola hidup tak sehat. Jadi, masih belum pasti sebabnya."

Diagnosis pasti endometriosis biasanya diperoleh lewat pemeriksaan laparoskopi. "Endometriosis bisa sedang bisa berat, tergantung jumlah, lokasi, dan gejalanya. Kalau berat, bisa muncul nyeri perut, bahkan sampai menyebabkan infertilitas (kemandulan)."


OBATNYA: HAMIL 
Ketiga gangguan ini tentu bisa berdampak buruk, tergantung lokasi, ukuran, dan gejala yang ditimbulkan. Misalnya mioma. "Kalau tidak menimbulkan gejala, meski ukurannya besar, ya, enggak ada dampaknya. Endometriosis, meski sedikit, tapi kalau menyebabkan nyeri hebat setiap kali mens, tentu bisa mengganggu. Kista berukuran di atas 4 cm, misalnya, cenderung terpuntir. Jika terpuntir, ia akan kekurangan oksigen dan makanan, sehingga timbul nyeri yang sangat. Ini harus dioperasi," jelas Sugi.

Untuk mengatasinya, upaya yang dilakukan sekarang lebih ke pencegahan. "Hidup sehat, pola makan dan pola hidup yang baik, lakukan check-up medis minimal setahun sekali untuk ibu-ibu atau wanita yang sudah pernah berhubungan seks. Dengan pemeriksaan teratur, gejala awal bisa terdeteksi lebih dini," ujar Sugi.

Pada waktu melakukan pap smear, sebaiknya sekalian dilakukan pemeriksaan ultrasonografi (USG) untuk melihat rahim dan indung telur. "Kalau tidak ada fasilitas USG, bisa dilakukan pemeriksaan dalam. Dilihat rahimnya bagaimana, besarnya normal apa enggak, bentuknya konsisten apa enggak, indung telur kanan dan kiri bagaimana, dan sebagainya. Kalau teraba ada massa, harus hati-hati."

Pengobatan endometriosis sendiri bisa dengan obat minum, suntik, atau operasi. "Kalau endometriosis ringan, begitu hamil, biasanya endometriosisnya malah sembuh, karena endometriosis, kan, dikeluarkan selama haid. Selama tidak haid, ia biasanya mati/tidur," ujar Sugi seraya meneruskan, "Jadi, sebetulnya obatnya adalah hamil."

Oleh karena itu, pengobatan endometriosis biasanya dengan pengobatan pseudo-pregnancy atau pseudo menopause. "Dibuat seperti menopause atau hamil, sehingga endometriosisnya tidak tumbuh."

WASPADAI KANKER OVARIUM! 
Hati-hati, selain kista, ada pula gangguan yang mirip kista, yakni kanker ovarium. "Waspada bila terdapat massa di dalam perut berbentuk seperti kista, dan dari pemeriksaan USG terlihat berpupil-pupil, pola pembuluh darahnya tersebar tidak beraturan. Biasanya diperiksa dengan tumor marker. Kalau hasilnya tinggi, berarti bukan kista biasa. Kemungkinan besar kista endometriosis atau keganasan (kanker)," kata Sugi.

Kanker ovarium merupakan silent kiler. "Diam-diam tanpa gejala, tapi mematikan. Berbeda dengan kanker leher rahim yang memiliki gejala seperti perdarahan, kanker ovarium tidak. Tidak ada gejala apa-apa, tahu-tahu sudah menyebar kesana kemari. Sulit diobati. Oleh sebab itu, pencegahan dininya adalah melakukan pemeriksaan teratur."

KAPAN DIANGKAT?
Salah satu terapi mioma dan kista adalah dengan pengangkatan (operasi).
Kapan mioma harus diangkat?
1. Bila ukurannya lebih besar dari ukuran kehamilan usia 12 minggu.
2. Bila mengganggu keadaan umum, misalnya perdarahannya banyak sampai perlu transfusi.
3. Bila pembesarannya cepat. Misalnya 3 bulan lalu masih 2 cm,
sekarang sudah 6 Cm.

Kapan kista harus diangkat?
* Bila besarnya lebih dari 4 cm, karena di atas 4 cm, risiko untuk terpuntir besar. Besar kista di atas 4 cm bukan kista folikel. Kista folikel adalah kista yang pecah setiap menjelang masa subur. "Kalau besarnya di atas 4 cm, biasanya kista fungsional. Pada saat haid, biasanya tidak ada folikel. Begitu saat haid ada massa, berarti kista fungsional.Untuk meyakinkannya, dilakukan USG saat haid," terang Sugi.

NYERI HEBAT SAAT HAID
Bagaimana, sih, mengenali gejala endometriosis, kista, atau mioma? Berikut beberapa gejala yang hampir sama dan harus diwaspadai:
1. Nyeri haid hebat dan terus menerus.
2. Pembesaran di perut. Kadang-kadang, kalau masih kecil, belum teraba. Tapi, semakin besar, akan makin teraba seperti ada benjolan.
3. Muncul gejala-gejala penekanan akibat pembesaran kista/mioma. Misalnya, ke depan menekan kandung kencing, ke belakang ke rektum. Akibatnya, muncul gangguan buang air besar dan buang air kecil.
4. Pada mioma uteri, jika ukurannya besar, bisa menekan organ-organ sekitarnya.
5. Jika kista bertangkai, bisa muncul nyeri perut tiba-tiba, bahkan muntah-muntah akibat tangkai kista yang terpuntir.
6. Bisa juga membuat luas permukaan endometrium menjadi lebih tebal, sehingga haid jadi lebih banyak. "Ini karena kontraksi rahim berkurang atau terganggu, sehingga perdarahan saat mens lebih banyak," terang Sugi.


sumber: tabloidnova

1 komentar:

edi sukarman said...

maaf sebelumnya , berhubung saya anak kesehatan,izin sebar ke blog saya yaaa , nanti saya beri link sumbernya , makasih , sangat bermanfaat

Labels

Abon Ikan Adonan Pizza Amazing Cooking Apple Cake Ayam Bakar Ayam Bakar Bumbu Rujak Ayam Bakar Cabe Hijau Ayam Goreng Ayam Kukus Gulung Ayam Woku Bahn Mi Bakpau Bakso Ayam Isi Nanas Bakso Sapi Isi Keju Bakso Udang Isi Cokelat Bakwan Bandeng Bakar Beach Side Bebek Kremes Beef Floss Cake Beef Lasagna Beef Stroganoff Beefsteak Beer Batter Fish Black Iced Coffee Bolu Pandan Branzino alla Catanese Brownie Cupcake Brownies Lezat Brownis Buah Bit Bubur Biji Salak Bubur Kacang Jahe Burger Ikan Paprika Burger Italia Burger Sapi Jamur Cake Cokelat Alaska Cake Cokelat Lapis Cake Wortel Almond Caramel Apel Muffin Cheese Tart Chicken Bumbu Mustard Chicken Katsu Chicken Strip Chocochips Cupcake Chocolate Bar Chocolate Kiwi Cake Chocolate Molded Cinnamon Hot Chocolate Crepes Cumi Daging Dessert Easy Fruit Cake Ebi Es Campur Buah Susu Es Campur Medan Es Kelapa Rempah Es Mangga Timun Jelly Fettucine Black Pepper Fresh Fuit Cocktail Fuyunghai Bihun Jagung Gindara Kukus Jeruk Grilled Sausage Guava Cheese Cup Gulai Daging Heavy Fruit Cake Hot Dog Ice Cendol Ice Cream Ikan Asam Pedas Ikan Dori Panggang Jamur Crispy Jeroan Ati Ampela Jus Anti Kolesterol Kaastengel Kakap Saus Mangga Kentang Kentang Kornet Kepiting Keripik Kesehatan KFC KimChi JjiGae Kolak Biji Salak Kuah Cuka atau Cuko Kue Basah Kue Bika Ambon Kue Chiffon Kue Coklat Karamel Kue dan Bolu Kue Donat Kue Kering Kue Kismis Kue Nastar Kuliner Indonesia Lapis Surabaya Lembut Gurih Makanan Makanan Khas Korea Makaroni Campur Cocktail Makaroni Sosis Mantau Goreng Isi Ayam Martabak Martabak Tuna Masakan Masakan buah Masakan Cina Masakan Daging Masakan Eropa Masakan Italia Masakan Jamur Masakan Jawa Masakan Jepang Masakan Lezat Masakan Tradisional Masakan Udang Mengolah Daging Kambing Mie Goreng Spesial Minuman Minuman Segar Minyak Zaitun Mocktail Serai Molten Chocolate Fondant Nasi Goreng Nasi Gurih Nasi Uduk Spesial Nugget Oatmeal Quaker Omelet Krim Keju Onion Sausage Oseng Pedas Daging Pancake Pastry Pisang Keju Cokelat Peach Bread Pudding Penambah Gairah Pepes Ikan Sunda Pie Ayam Pie Buah Pie Chocolate Ganache Pindang Serani Patin Pisang Coklat Pizza Hut Powerfull Smoothies Prekedel Ikan Salem Puding Domino Puding Enak Puding Karamel Puding Segar Puding Spesial Punch Honey Lemon Real Mojito Red Velvet Fruit Cake Reseo Kue Pai Resep Abon Resep Apel Goreng Resep Asinan Resep Asinan Buah Resep Awet Muda Dengan Buah Resep Ayam Resep Bakso Resep Bebek Resep Bubur Resep Buka Puasa dan Sahur Resep Burger Resep Cake Resep Coklat Enak Resep Daging Iga Resep Daging Panggang Resep Enak Resep Gulai Resep Ikan Resep Juice Resep Jus Buah Ceria Resep khas Semarang Resep Kue Resep Kue Bolu Ketan Hitam Resep Masakan Coklat Resep Masakan Kentang Resep Masakan Kue Keju Resep Masakan Thailand Resep Mie Resep Mie Yamien Resep Minuman Resep MIXED COCKTAIL Resep Nasi Uduk Resep Opor Ayam Resep Pan Cake Resep Pan Pizza Resep Pasta Resep Pastel Resep Pempek Resep Sayur Resep Soto Resep Soto Lamongan Resep Steak Resep Sup Resep Tahu dan Tempe Resep Telur Resep Ubi Roti Roti Goreng Roti Perancis Salad Sambal Ikan Tenggiri Sandwich Sandwich Buah Segar Sandwich Gulung Sapori di Bosco Satai Manis Sapi Sate Daging Saus Coklat Sea Food Segar Dingin Es Loli Jeruk Selat Solo Semur Terung Bihun Jagung Serabi Serba Jamur Siomay Sirloin Beef Teppanyaki Snack Sosis Soto Betawi Spesial Soto Lento Soto Madura Soup Spageti Spooky Halloween ade Srikaya Bread Pudding Steak Daging Ungkep Sup Buntut Sup Gurih Bakso Ayam Sup Konro Sup Krim Kacang Azuki Sup Soun Bumbu Ngohiong Swedia Tahu Kukus Goreng TAOGE CUMI Terung Pedas Tips Tips Cara Membuat Cake Tips Kesehatan Tips Konsumsi Makanan Sehat Bagi Anda Tips Memasak Tips Memilih Cincau Toast Tuna Tongseng Tongseng Praktis Udang Bakar Saus Tomat Udang Bumbu Cabai Kering Udang Bumbu Lada Udang Goreng Vegetables Rolls Watermelon Cookies Wedang Cokelat White Fruit Cake
 
 
Copyright © KUMPULAN RESEP
Blogger Theme by BloggerThemes